MODEL PEMBELAJARAN STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) 2.1 Pengertian Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Menurut Ahmad Makmur Satoso , dkk ( 2013:206 ) m odel pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) atau Science Technology Society (STS) merupakan suatu model pembelajaran yang memadukan pemahaman dan pemanfaatan sains, teknologi dan masyarakat dengan tujuan agar konsep sains dapat diaplikasikan melalui keterampilan yang bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat. Menurut Rai Sunajem ( dalam Ferdy Novrizal, 2010:3 ) p embelajaran STM dalam pembelajaran sains merupakan perekat yang mempersatukan sains, teknologi dan masyarakat. Isu-isu sosial dan teknologi di masyarakat merupakan karakteristik kunci dari STM. Isu-isu tersebut dipakai sebagai titik acuan oleh guru untuk merancang dan mengimplementasikan program pembelajaran. M enurut Edi (dalam Dwi Gusfarenie, 2013:25) m odel pembelajaran STM adalah model pembelajaran yang bertujuan menyaji
Perempuan asli Surakarta, Jawa Tengah ini merantau di Tanah Grogot, Kalimantan Timur. Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Cintanya kepada pendidikan membawa ia untuk turun langsung pada berbagai relawan pengajar muda dan relawan kemasyarakatan. Seperti Pengajar Muda Bakti Banua, Komunitas TheKutuBuku, UKM Penalaran dan Penelitian, dan terpilih dalam seleksi nasional ENJ Kemenko Maritim RI.